TEKNOLOGI APLIKASI WEB

TEKNOLOGI APLIKASI WEB

WWW secara luas lebih dikenal dengan istilah  Web. Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss.  Internet dan web adalah dua hal yang berbeda.  Internet lebih merupakan perangkat keras, sedangkan web adalah perangkat lunak.  Selain itu, protokol yang dipakai oleh keduanya juga berbeda.  Internet menggunakan TCP/IP sebagai protokol operasionalnya, sedangkan web menggunakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

1. Profesi dalam pengembangan aplikasi web

-Web Designer
Seorang designer web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah mendesain tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan/layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemograman. Dalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
  - HTML, DHTML
  - Pengolah gambar
  - Animasi, Movie (Film)
-Web Programmer
Web programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis, dimana agar sebuah web tersebut dapat terlihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Progammer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang bekerja diatas situ (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
  - CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
  - ASP (NT base)
  - Java Script dan Applet
-Web Administrator
 Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan sistem operasi server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
  - OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
  - OS NT
  - Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
  - Keamanan server
-Web Master
Seorang web master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari desain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggung jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
  - HTML, DHTML
  - CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
  - Penguasaan bermacam OS (Operating System)
  - Keamanan server
  - Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
-Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web Developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan dibuat, membangun sebuah website.


2. Sejarah dan Cara kerja Web

CARA KERJA WEB


Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya.

Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini.

Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering kita lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

3. Alur pengembangan aplikasi Web

Berdasarkan  persepsi dari beberapa pengembang perangkat lunak dan ahli-ahli dalam  bidang  rekayasa  perangkat  lunak  (software  engineering  professional), Pengembangan  Aplikasi Web  tidaklah  sama  dengan  rekayasa  perangkat  lunak walaupun  keduanya  melibatkan  pemrograman  dan  pengembangan  perangkat lunak.
Walaupun  banyak  mengadopsi  prinsip-prinsip  rekayasa  perangkat  lunak, Pengembangan Aplikasi Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik  dan  panduan  yang  memenuhi  persyaratan  pembuatan  sistem  berbasis web.
Pengembangan sistem berbasis web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak  konvensional, dimana  pengembangan  sistem  berbasis  web  lebih  banyak menghadapi tantangan. Pengembangan Aplikasi Web adalah gabungan dari print publishing  dan  pengambangan  perangkat  lunak,  diantara  marketing  dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.

Formulasi (formulation)

Kegiatan  yang  berfungsi  untuk  merumuskan  tujuan  dan  ukuran  dari  aplikasi berbasis web serta menentukan batasannya sistem.

Tujuan  yang  ingin  dicapai  bisa  dibedakan  menjadi  dua  kategori,  yaitu  :

Tujuan yang bersifat informatif
Menyediakan  suatu  informasi  tertentu  kepada  pengguna,  berupa  teks,  grafik, audio, dan video.

Tujuan yang bersifat fungsional
Kemampuan  untuk  melakukan  suatu  fungsi  yang  dibutuhkan  pengguna,  misal dengan  menggunakan  aplikasi  tersebut  seorang  guru  dapat  memperoleh  nilai akhir  dan  statistik  nilai  guru  dari  data-data  ujian,  tugas,  kuis  yang  ia  input  ke dalam aplikasi.

Perencanaan (planning)

Kegiatan  yang  digunakan  untuk  menghitung  estimasi  biaya  proyek  pembuatan aplikasi  berbasis  web ini,  estimasi  jumlah  pengembang,  estimasi  waktu pengembangan,  evaluasi  resiko  pengembangan proyek,  dan  mendefinisikan jadwal pengembangan untuk versi selanjutnya (jika diperlukan).

Analisis (analysis)
Kegiatan untuk menentukan persyaratan-persyaratan teknik dan mengidentifikasi informasi  yang  akan  ditampilkan  pada  aplikasi  berbasis  web.  Analisis  yang digunakan pada rekayasa web dilakukan dari empat sisi, yaitu :

Analisis isi informasi
Mengidentifikasi  isi  yang  akan  ditampilkan  pada  aplikasi  berbasis  web  ini.  Isi informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.

Analisis interaksi
Analisis yang menunjukkan hubungan antara web dengan pengguna.

Analisis fungsional
Analisis tentang proses bagaimana aplikasi berbasis web ini akan menampilkan informasi kepada pengguna.

Analisis konfigurasi
Konfigurasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web, internet, intranet, atau extranet.  Selain  itu,  analisis  ini  juga  meliputi  relasi  database  dengan  web  jika diperlukan.

Rekayasa (engineering)

Terdapat dua pekerjaan yang dilakukan secara paralel, yaitu desain isi informasi dan desain arsitektur web.
Pada saat tahap desain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
Pembuatan  Diagram  Wireframe  (Gambar  Rangka),  tujuan  dari  diagram gambar  rangka  adalah  untuk menunjukkan  bagaimana  lay  out  halaman web  dan menunjukkan di mana fungsi dan konten seperti navigasi, kotak pencarian, elemen bentuk dan sebagainya

4. Perangkat pengembangan aplikasi Web

Perangkat Keras
Untuk lingkungan pengembangan web yang nyaman,berikut ini perangkat keras yang sebaiknya disediakan:
Komputer utama,dengan operating system Macintosh,Windows, ataupun Linux. Perusahaan pengembang web profesional cenderung berbasis Macintosh.
Memori tambahan. Sebaiknya computer memiliki memori yang besar, karena dalam pengembangan web cenderung kita akan membuka beberapa aplikasi sekaligus.
Sebuah monitor besar. Meskipun bukan keharusan, monitor besar memudahkan untuk desainer visual. Semakin besar monitor , semakin banyak jendela dan panel kontrol dapat terbuka pada waktu yang sama.
Sebuah scanner dan/atau kamera digital.Jika mengantisipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
Sebuah komputer kedua.Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platfrom yang berbeda dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berbeda pada mac dan pada mesin windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kita perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita
Sebuah Scanner dan/atau kamera digital. Jika mengantipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
Sebuah komputer kedua. Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platform yang berada dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berada pada Mac dan pada mesin Windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kira perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita

Komentar

Postingan Populer