Perangkat Keras Jaringan



PERangkat keras jaringan
          Perangkat Keras Jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan.Perang kat keras jaringan tersebut antara lain :

1.Perangkat HUB
Fungsinya : menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN.Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star.

2.Perangkat Repeater
sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan  sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.

3.Perangkat Switch
Perangkay untuk menghubungkan setiap node dalam jari ngan LAN.Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star.Switch biasanya memiliki lebih dari 8 port dan kecepatannya mencapai 100 Mbps.

4.Perangkat Router
Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan  keluarga protocol  TCP/IP  dan untuk  meng hubungkan  semua  host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet menggunakan dedicated leased line.

5.Modem
Modem merupakan kependekan dari Modulation demodu lation. Alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog men jadi digital dan sebaliknya.misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Dengan alat ini rumah yang terkoneksi jaringan telepon dapat juga menikmati akses internet. 

Komentar

Postingan Populer